Sunday, June 3, 2007

Menabung

Medan, 4 Juni 2006

Menabung..! menyebutnya mudah banget tapi pelaksanaannya itu lho..., kok susah banget ya!terus terang saya sendiri yang sudah bekerja selama 2 tahun nyaris tidak mempunyai tabungan sama sekali...(truzz duitnya kemana aja ya? nggak tau juga tuch..!"cabeeee dech...."). Padahal sallary yang saya terima untuk seorang single yang masih tinggal bersama orang tua tergolong lebih dari cukup. so, sia sia banget ya selama ini nggak punya tabungan...!
Tanpa disengaja kemaren sore aq liat program money talk.. n membahas tentang menabung...(gubrak..) sumpeh aq kesindir, ketabrak n sekaligus kelindes kali ya. aq baru menyadari ternyata selama ini aq belum bisa memanajemen keuanganku sendiri...hiks..hiks..hiks..(sedihnya..).
nah mulai hari ini aq bertekad untuk punya tabungan setiap bulannya. nah untuk sekedar berbagi dan mengingatkan selalu (diriki khususnya) inilah tips menabung:
  1. menabunglah diawal. maksudnya begitu gajian ya langsung ditabung jangan nunggu besoklah, minggu depanlah. yakin dech kalo di undur undur malah nggak jadi nabungnya atau malah uangnya keburu habis.
  2. Usahakan menabung di tempat yang tidak mudah untuk diambil, maksudnya coba menabung di tabungan berjangka yang nantinya rekening tersebut akan di kunci oleh pihak bank dan hanya bisa diambil jika sudah sampai waktu yang disepakati. nah mengenai batas waktu tabungan berjangka tergantung kebutuhan anda.
  3. Setelah tabungan anda mencukupi cobalah berinvestasi. contohnya menabung dalam bentuk deposito, menanam saham or others..yang pasti mengghasilkan.

Tips Pembagian Sallary menurut kebutuhannya:

  • 10% digunakan untuk MENABUNG
  • 10% digunakan untuk Biaya Asuransi
  • 30% digunakan untuk bayaran tagihan (kredit)
  • 50% untuk kebutuhan sehari hari.

Nah, sebenarnya gampangkan memanajemen keuangan? the last kembali ke diri kita lagi bahwa kita harus konsekwen dengan perencanaan yang kita buat...selamat mencoba!

o iya ada yang ketinggalan nich, sedikit comment sich. buat yang tidak memanfaatkan asuransi dan juga tidak punya tagihan tiap bulannya ada baiknya dana itu ditabung juga...!nah artinya tabungan anda akan semakin banyak kan? dan artinya bakal cepet kaya dech...hahaahahahaha

No comments: